mencuci tangan

6 Langkah Cuci Tangan, Memilih Sabun Cuci Tangan Serta Gambar Panduan

Dokter mengatakan ada tiga cara kuman masuk ke dalam tubuh kita:

  1. Melalui udara – Anda menghirup kuman, dan kemudian Anda bernapas keluar. Hal ini terjadi ketika Anda batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, memeluk, mencium, atau bahkan hanya bernapas.
  2. Melalui benda – seperti menyentuh sesuatu yang disentuh orang lain, makan makanan yang tidak dicuci dengan benar, atau bermain dengan mainan yang belum dibersihkan.
  3. Dengan menelan kuman. Anda menelan kuman setiap hari tanpa menyadarinya. Ketika Anda makan atau minum sesuatu, kuman menempel pada permukaan di dalam mulut Anda. Kemudian, ketika Anda menelan kuman-kuman itu, mereka bergerak turun ke perut Anda. Dari sana, kuman-kuman itu bergerak ke seluruh tubuh Anda.

Untuk menjaga diri Anda tetap aman, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah batuk atau bersin. Cuci tangan Anda dengan air hangat yang mengalir dan keringkan dengan handuk bersih atau handuk kertas. Jika sabun tidak tersedia, gunakan pembersih tangan. Hindari berbagi minuman, makanan ringan, atau peralatan karena kuman dapat hidup di atasnya dan menular ke orang lain. Juga hindari mencium, memeluk, dan menyentuh wajah Anda.

6 langklah cuci tangan
6 Langkah Cuci Tangan

Jika Anda berpikir Anda mungkin telah bersentuhan dengan kuman, ikuti langkah-langkah ini:

Cara Terbaik untuk Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah salah satu hal yang kita lakukan tanpa memikirkannya. Tetapi seberapa sering Anda benar-benar mencuci tangan? Apakah Anda melakukannya dengan benar? Apakah Anda tahu jenis sabun apa yang digunakan? Jika Anda tidak cukup mencuci tangan, Anda bisa menyebarkan kuman ke seluruh rumah Anda. Dan meskipun ada banyak cara untuk membersihkan tangan Anda, beberapa metode bekerja lebih baik daripada yang lain. Jadi, berikut adalah beberapa tips untuk memastikan Anda membersihkan tangan Anda dengan benar.

Gunakan Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri membunuh 99,9% kuman, menjadikannya pilihan terbaik untuk mencuci tangan. Anda dapat menemukan sabun antibakteri di sebagian besar toko kelontong dan toko obat. Carilah produk yang bertuliskan “antimikroba” atau “anti-bakteri” pada labelnya. Ini memastikan bahwa produk tersebut mengandung bahan-bahan seperti triclosan, bahan aktif yang ditemukan di banyak sabun antibakteri. Triclosan aman untuk manusia dan hewan.

Jika Anda lebih suka sabun cair, carilah produk yang mengandung triclosan. Beberapa orang khawatir bahwa triclosan dapat menyebabkan masalah kesehatan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa triclosan sebenarnya membantu mencegah infeksi.

Anda juga dapat membeli tisu antibakteri, seperti Purell Instant Hand Sanitizer Wipes, untuk menyeka permukaan yang sering Anda sentuh. Tisu ini bagus karena dapat digunakan di mana saja dan di mana saja.

Jangan Lupakan Bagian Punggung Tangan Anda

Tangan Anda tidak hanya tertutup kulit; mereka juga memiliki folikel rambut, kelenjar keringat, dan saraf sensitif. Ketika Anda mencuci tangan, Anda harus memberi perhatian khusus pada punggung tangan Anda. Membiarkan kotoran dan kuman menumpuk di bawah kuku jari Anda dapat menyebabkan luka dan luka yang menyakitkan. Ditambah lagi, jika Anda menggaruk diri sendiri, Anda bisa menyebarkan kuman ke wajah Anda. Untuk menghindari luka, cobalah untuk menjaga kuku Anda tetap pendek dan potong secara teratur.

Kapan Kita Harus Mencuci Tangan?

Mencuci tangan sangat penting untuk mencegah penyakit. Tetapi banyak orang lupa melakukannya secara teratur. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah batuk atau bersin; sebelum makan; dan setelah menyentuh hewan peliharaan, permukaan publik, barang atau benda bersama, dan mengganti popok.

Menurut CDC, sering mencuci tangan mengurangi risiko sakit. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi penyebaran infeksi pernapasan seperti influenza dan rhinovirus. Para ahli mengatakan penting untuk mencuci tangan Anda secara menyeluruh dan segera setelah menyentuh sesuatu yang kotor. Jika Anda menggunakan produk antibakteri, para ahli mengatakan itu harus digunakan dengan hemat.

Bagaimana Kuman Menyebar?

Mencuci tangan adalah bagian penting dari menjaga kesehatan. Tapi tahukah Anda bahwa kuman menyebar melalui sentuhan? Faktanya, anak-anak sangat rentan tertular penyakit dari orang lain karena mereka sering tidak mencuci tangan dengan benar. Infografis ini menjelaskan bagaimana kuman menyebar dari satu orang ke orang lain melalui sentuhan. Anda akan belajar tentang kebersihan tangan, bakteri penyebab kuman yang umum, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dan keluarga Anda tetap aman.

Jadi bagaimana kuman menyebar? Berikut adalah beberapa cara umum penyebaran kuman dan apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri Anda:

  1. Menyentuh permukaan yang terkontaminasi
  2. Berbagi barang pribadi seperti handuk, mainan dan pakaian
  3. Melakukan kontak dekat dengan orang lain
  4. Menghirup kuman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× 5 = 20